Sunday, February 6, 2011

0
Tanda-tanda Alergi, Kenalilah!

Para pembaca setia Medicalera.com, beberapa dari Anda pasti pernah bertanya seputar alergi, atau sekedar menanyakan beberapa gejala yang mengarah ke alergi di forum. Kali ini penulis memberikan sedikit informasi tentang tanda-tanda yang mengarah ke alergi. Bila Anda curiga memiliki alergi, sebaiknya Anda mengikuti artikel ini sampai tuntas.
Anak yang alergi terhadap serbuk sari bunga
Kata atopi seringkali digunakan dalam kedokteran, hal ini untuk menunjukkan sekumpulan orang yang memiliki bakat alergi. Bahkan kata atopi juga digunakan pada beberapa nama penyakit yang menunjukkan alergi sebagai manifestasinya sebagai contoh adalah dermatitis atopi yang menunjukkan gejala peradangan pada kulit yang disebabkan oleh alergi.
Adapun tanda-tanda yang dapat ditemui pada penderita Alergi adalah sebagai berikut:
1. Bersin yang sering
Bersin pada orang yang mengalami alergi tersering sebagai akibat manifestasi dari Rhinitis Allergy yaitu radang pada hidung yang disebabkan oleh alergi yang berasal dari udara maupun makanan. Bersin pada orang alergi beda dengan orang yang mengalami flu, dimana frekuensi bersin tinggi dan tidak dipengaruhi oleh keadaan fisik misalnya sakit dan terjadi hampir setiap harinya.
2. Hidung gatal dan berair
Pada penderita yang mengalami Rhinitis allergy selain bermanifes sebagai bersin-bersin yang frekuen seringkali disertai rasa gatal pada bagian dalam selaput lendir sehingga tidak sering penderitanya mengusap hidungnya dengan tangan, selain itu juga ditandai dengan lendir yang jernih dan encer. Selai rasa gatal pada bagian dalam hidung, penderita juga biasanya sering merasakan gatal pada langit-langit rongga mulut, dan tidak sering penderita sering mendorong langit-langit rongga mulutnya dengan lidah untuk mengurangi rasa gatal.
3. Hidung tersumbat
Pada orang alergi terdapat peradangan pada hidung yang disebabkan oleh alergi yang juga bermanifestasi sebagai pembengkakan dari selaput lendir hidung sehingga bagi penderitanya sering terasa tersumbat dan mengeluarkan banyak lendir yang encer dan jernih. Juga, pada pemeriksaan dari struktur selaput lendir hidung biasanya ditemukan selaput lendir yang membengkak dan berwarna pucat.
4. Telinga berdenging
Sebagian dari penderita alergi mengeluhkan adanya telinga yang berdenging, hal ini disebabkan karena selaput lendir di tenggorok yang membengkak sebagai akibat reaki alergi sehingga menghalangi lubang yang menghubungkan antara tenggorok dan rongga telinga tengah.
5. Mata rakun
Hal ini terjadi sebagai akibat terlalu sering menggosok mata sebagai akibat reaksi alergi yang menimbulkan rasa gatal di mata. Selain tanda kehitaman yang melingkari mata, juga dapat ditemui mata yang selalu berair dan kemerahan bila reaksi alergi sedang terjadi.
6. Kulit kering dan gatal
Kulit pada penderita alergi kebanyakan adalah bersifat sangat kering dan mudah sekali terjadi reaksi peradangan bila digigit oleh serangga.
7. Insomnia
Gangguan tidur dapat sering terjadi bila reaksi alergi sedang berlangsung menyebabkan rasa hidung tersumbat yang mengganggu.
8. Mudah lelah
Selain gangguan tidur yang menyebabkan kurangnya kualitas tidur, orang yang memiliki alergi memiliki serangkaian reaksi ketahanan tubuh yang turut mengintervensi rasa lelah, selain itu pada penderita yang menjalankan pengobatan dengan antihistamin yang membuat mengantuk seringkali merasakan ngantuk yang berkepanjangan.
9. Depresi
Bagi yang menderita atas reaksi alergi yang hebat, dapat membuat stres penderitanya, untuk itu beberapa ahli berpendapat reaksi histamin yang dihasilkan oleh penderita alergi dapat mempengaruhi mood seseorang sehingga dapat menimbulkan depresi.
Ditulis oleh:
Mohammad Caesario
Sumber:
1.  Ruby Pawankar; Stephen T. Holgate; Lanny J. Rosenwasser (7 April 2009). Allergy Frontiers: Classification and Pathomechanisms. Springer. pp. 33–. ISBN 9784431883142.
2.  Küster, W.; W. Küster , M. Petersen, E. Christophers, M. Goos and W. Sterry (December 12, 2004). "A family study of atopic dermatitis". Archives of Dermatological Research (Springer Berlin / Heidelberg) 282 (2 / January, 1990): 98–102
3. Flöistrup, H., Swartz, J., Bergström, A., Alm, J. S., Scheynius, A., et al. (2006). Allergic disease and sensitization in Steiner school children. The Journal of Allergy and Clinical Immunology, 117(1), 59-66
4. O'Regan, GM, A Sandilands, WH McLean, AD Irvine (2008) Filaggrin in Atopic Dermatitis. J Allergy Clin Immunol, 122, 689-93
5. http://web.archive.org/web/20050904174102/http://www.dermis.net/cgi-bin/atopiefrage/erster-e.asp

0 comments:

Post a Comment

 
Endotel Healthy | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog