Monday, February 7, 2011

0
Kelompok pengobatan lupus

Pengobatan penyakit lupus dapat memerlukan bantuan dari beberapa spesialis medis yang berbeda-beda. Pelajari tentang tipe-tipe dokter dan ahli kesehatan lainnya yang berhubungan dengan penderita lupus.

Systemic lupus adalah penyakit rematik multisistim. Istilah "rematik" artinya bahwa lupus melibatkan otot-otot, tulang-tulang sendi dan jaringan-jaringan penghubung, dan ahli yang mengobati lupus disebut rheumatologist. Lupus dianggap sebuah penyakit multisistim karena dapat mempengaruhi begitu banyak bagian-bagian yang berbeda pada tubuh. Anda dapat bekerja dengan beberapa jenis spesialis medis selain rheumatologist anda, tergantung pada bagian tubuh mana anda yang terkena lupus.

Mengobati lupus: Darimana memulainya

Dalam menentukan sebuah rencana pengobatan untuk lupus, kebanyakan orang-orang memulainya dengan dokter umum mereka. Dokter tersebut bisa jadi seorang dokter anak jika anda adalah seorang anak atau remaja yang menderita lupus; dokter keluarga (untuk anak-anak dan dewasa); atau seorang dokter penyakit dalam umum (untuk orang-orang dewasa). Untuk banyak penderita lupus, seorang dokter umum bisa membuat resep obat-obatan dan menangani gejala-gejala lupus yang berada pada tahap awal.

Tetapi karena lupus adalah penyakit yang rumit dengan saat-saat dimana gejala-gejalanya mereda dan ada saat-saat gejalanya memburuk, dokter umum anda mungkin akan merujuk anda ke seorang rheumatologist. Seorang ahli rheumatology telah mendapatkan pelatihan khusus dalam penyakit-penyakit yang melibatkan otot-otot, tulang-tulang, tulang-tulang sendi dan banyak lagi jenis penyakit otoimun lainnya, kondisi-kondisi yang menyebabkan sistim kekebalan tubuh secara tidak normal menyerang dirinya sendiri.

Spesialis-spesialis yang mengobati penderita lupus

Selain otot-otot dan tulang sendi, lupus juga biasanya menyerang kulit, ginjal, sistim syaraf dan sel-sel darah. Itulah mengapa sebuah tim pengobatan lupus seringkali akan melibatkan spesialis-spesialis sebagai berikut:

- Dermatologist. Spesialis medis ini dapat menangani penyakit kulit akibat lupus. Lupus dapat menyebabkan ruam-ruam yang serius yang disebut "discoid lupus" yang meningkat karena terpapar sinar matahari. Ahli dermatology anda dapat menunjukkan sebuah biopsi kulit untuk mendiagnosa sebuah ruam lupus, memberikan resep obat-obatan dan menyarankan anda akan penggunaan sunscreen yang tepat.

- Nephrologist. Ini spesialis yang mengobati pasien-pasien yang menderita ginjal, sebuah komplikasi umum dari systemic lupus. Seorang nephrologist dapat menunjukkan sebuah biopsi ginjal dan akan bekerja sama dengan ahli rheumatology anda untuk menangani penyakit ginjal.

- Cardiologist. Orang-orang yang menderita lupus memiliki resiko yang lebih tinggi akan penyakit jantung dan dapat mengembangkan peradangan di sekeliling jantung atau di katup-katup di bagian dalam jantung, oleh karena itu seseorang yang menderita lupus akan dirujuk ke seorang ahli cardiology.

- Neurologist. Lupus juga dapat melibatkan sistim syaraf dalam tingkat-tingkat yang berbeda. Gejala-gejala lupus yang mempengaruhi sistim syaraf meliputi sakit kepala, kejang-kejang dan gangguan kejiwaan. Seorang neurologist dapat membantu menentukan gejala-gejala mana yang disebabkan oleh lupus dan mana yang disebabkan oleh masalah-masalah kesehatan yang lain.

- Hematologist. Spesialis ini menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan darah. Mayoritas orang-orang yang menderita lupus memiliki beberapa jenis darah yang tidak normal, seperti penurunan jumlah sel-sel darah merah dan putih atau masalah-masalah dengan penggumpalan darah.

- Dokter kandungan resiko tinggi. Untuk wanita-wanita penderita lupus yang hamil atau berharap untuk hamil, seorang dokter kandungan adalah anggota penting dalam tim pengobatan lupus. Meskipun memungkinkan untuk hamil walaupun anda menderita lupus, kehamilannya dianggap beresiko tinggi, memerlukan seorang dokter kandungan yang memiliki pelatihan dan pengalaman khusus.

Mengobati penderita lupus: Ahli kesehatan lain yang mengobati lupus

Bekerja bersama-sama dengan dokter-dokter anda akan melibatkan juga sejumlah ahli kesehatan lain yang memainkan peranan penting dalam pengobatan lupus. Mereka antara lain:

- Perawat. Perawat-perawat yang terdaftar, terlatih dan perawat praktisi semuanya merupakan anggota penting dalam tim perawatan anda. Seorang perawat dapat membantu di banyak area pengobatan anda, apakah itu berarti sebuah layanan sebagai penghubung antara anda dengan dokter anda, atau menjadi sumber pendidikan yang hebat untuk anda.

- Okupasi dan terapis fisik. Ahli kesehatan ini dapat membantu anda mempertahankan kebugaran dan mobilitas anda, menyarankan anda bagaimana menangani gejala-gejala lupus, dan membantu anda menangani aktifitas setiap hari anda walaupun anda menderita lupus

- Psikologis, pskiatris atau konselor. Hidup dengan lupus bisa membuat stres. Seorang ahli mental dapat membantu anda menyesuaikan diri anda terhadap tantangan emosional akibat menderita sebuah penyakit kronik.

- Ahli diet dan nutrisi. Bagi penderita lupus, penting untuk mempertahankan makanan yang sehat. Ini dapat meliputi memperhatikan asupan garam anda dan mempertahankan kolesterol anda tetap rendah. Seorang ahli diet atau nutrisi dapat menawarkan informasi makanan dan menyarankan kebutuhan-kebutuhan khusus yang dapat disesuaikan.

- Pekerja sosial dan pengacara pasien. Masalah-masalah sekolah, masalah-masalah keuangan, pekerjaan anda, asuransi kesehatan anda, semuanya adalah area yang dapat menjadi rumit dan bahkan berlebihan saat anda sedang berhadapan dengan penyakit kronik seperti lupus. Para ahli ini bisa menjadi sebuah bantuan yang hebat saat anda sedang membutuhkan seseorang untuk mengambil alih masalah-masalah seperti itu.

Para penderita lupus saat ini hidup lebih sehat dan lebih aktif daripada sebelumnya. Tetapi lupus tetap masih merupakan penyakit yang kronik dan rumit yang mana paling baik diobati oleh sekelompok atau tim yang terdiri dari para dokter dan para ahli secara bersama-sama. Dan penelitian-penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mampu menangani sebuah penyakit kronik adalah mereka yang mengajarkan diri mereka sendiri akan kondisi mereka, bekerja sama dengan tim medis mereka, dan mengambil peran aktif dalam perawatan medis mereka.

0 comments:

Post a Comment

 
Endotel Healthy | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog