Sunday, February 6, 2011

0
10 Penyebab Tersering Alergi, Kenalilah! Bagian II

Setelah mengetahui 5 penyebab utama dalam 10 hal penyebab tersering alergi, sekarang hari ini saya akan kembali membahas 5 penyebab selanjutnya. Anda masih penasaran? Simak terus artikel ini sampai selesai.

6. Spora Jamur atau Lumut

Lumut atau jamur membutuhkan suatu kelembapan yang optimal agar tumbuh di dalam ruangan dan dapat berkembangbiak. Jamur atau lumut yang tumbuh di dalam ruangan ini berkembang biak secara aseksual dengan menyebarkan spora ke udara, dimana pada individu yang sangat sensitif bila spora masuk ke dalam saluran pernapasan, maka akan menyebabkan suatu kelainan berupa reaksi alergi.

Jagalah ruangan tidur dan rumah Anda dari kelembapan, perhatikan tembok dan lantai di sudut-sudut ruangan Anda apakah sudah ditumbuhi oleh lumut atau belum, karena hal tersebut dapat menyebabkan alergi pada penderitanya.

7. Serbuk Sari

Di beberapa negara tertentu yang mempunyai iklim subtropis biasanya mengalami 4 musim. Dimana pada musim semi biasanya adalah musim saatnya tumbuhan berkembang biak. Salah satu metode perkembangbiakan dari tanaman adalah dengan menyebarkan serbuk sari menggunakan media angin.

Penyebaran dari serbuk sari ini dapat terhirup oleh manusia dan pada penderita yang sensitif dapat menyebabkan gangguan napas berupa bersin-bersin. Biasanya di negara barat alergi yang disebabkan oleh penyebaran serbuk sari pada musim tertentu disebut juga sebagai Hay Fever.

8. Karet

Walaupun jarang, namun penderita yang alergi terhadap karet lumayan banyak. Hal ini biasa ditemukan secara tidak sengaja pada pekerja yang menggunakan sarung tangan karet untuk pekerjaannya misalnya paramedis dan medis. Selain itu juga pada sarung tangan yang digunakan untuk bekerja di bidang kesehatan biasanya digunakan semacam bubuk seperti bedak untuk steril dari sarung tangan karet tersebut, bubuk ini juga ada beberapa orang yang alergi terhadapnya.

9. Obat-obatan

Tidak disangkal lagi, bahwa jumlah alergi yang ditimbulkan oleh obat-obatan cukup banyak. Untuk itu bila Anda merasakan adanya gatal-gatal dan bengkak yang dapat disertai dengan kesulitan bernapas setelah mengkonsumsi obat-obatan yang diminum, sebaiknya hal ini Anda laporkan kepada dokter ketika Anda berobat, hal ini amat sangat membantu dalam menjaga diri Anda dari resiko reaksi alergi yang ditimbulkan oleh obat tersebut.

Selain itu obat yang paling banyak menimbulkan alergi adalah dari golongan antibiotik. Catat dan ingatlah dengan baik alergi terhadap antibiotik jenis apa ketika Anda berobat, sehingga dokter dapat memberikan obat jenis yang lain sebagai penggantinya.

10. Pengharum

Beberapa pengharum dapat menyebabkan reaksi alergi berupa bersin-bersin ketika terhirup oleh hidung Anda. Beberapa aromaterapi dari hasil pembakaran lilin juga didapatkan pada beberapa orang selain pengharum berupa ruangan dan parfum.

Lengkap sudah artikel ini, dengan mengetahui 10 penyebab tersering alergi, Anda dapat menghindarinya, atau Anda belum tahu penyebab alergi Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kesayangan Anda untuk meminta pemeriksaan alergi berupa skin prick test.

Ditulis oleh:

Mohammad Caesario

0 comments:

Post a Comment

 
Endotel Healthy | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog