Sunday, February 6, 2011

0
10 Penyebab Tersering Alergi, Kenalilah! Bagian I

Mendengar kata A-L-E-R-G-I mungkin yang akan keluar di benak Anda adalah rasa gatal-gatal yang bisa terjadi di seluruh tubuh Anda, bahkan beberapa akan berpikir untuk bersin-bersin sepanjang hari. Tapi apakah Anda tahu penyebab alergi Anda? Dalam artikel ini akan dibahas beberapa penyebab tersering alergi. Mau tahu? Ikuti terus!

1. Tungau

Tungau adalah sejenis serangga yang berukuran sangat kecil. Serangga ini biasanya menyenangi tempat-tempat yang berserabut misalnya karpet, tempat tidur, dan kain yang dibiarkan berdebu. Hewan ini dapat diterbangkan oleh angin bersama-sama dengan debu, dan bila terhirup oleh orang yang mempunyai bakat alergi terhadap tungau, sering bermanifestasi sebagai radang hidung yaitu rhinitis alergi dimana orang ini biasanya akan bersin-bersin yang berkali-kali, ingus yang encer, rasa tersumbat, serta mata berair dan merah.

Penanganan yang terbaik pada beberapa orang yang mempunyai bakat alergi terhadap tungau sebaiknya dirumah tidak menggunakan karpet yang terbuat dari bahan wol, dan sebaiknya selalu ganti sprei kasur Anda, dan perlu sekali-sekali Anda menjemur kasur Anda.

2. Hewan Piaraan Berbulu

Binatang peliharaan yang berbulu seperti anjing atau kucing bisa menjadi sahabat setia Anda, namun di balik kelucuan mereka bisa membawa sesuatu yang membuat hidup Anda sedikit terganggu.

Pada hewan ini memproduksi suatu senyawa protein yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di tubuh mereka, sehingga bila terkena protein ini maka akan timbul reaksi alergi bagi yang mempunyai bakat alergi terhadap kucing dan anjing. Selain itu juga hewan peliharaan yang berbulu juga dapat membawa kutu atau tungau di bulunya

Bagi Anda yang mempunyai reaksi alergi yang berat sebaiknya Anda tidak memelihara kucing atau anjing dirumah, atau bagi Anda yang mempunyai reaksi alergi yang ringan ada beberapa tips untuk tetap Anda bisa memelihara kucing ataupun anjing:
  • Buatlah kamar tidur Anda bebas dari hewan piaraan Anda.
  • Rutinlah memandikan hewan piaraan Anda.
  • Bersihkan alas tidur hewan piaraan atau karpet di rumah Anda.
3. Makanan

Beberapa jenis makanan dapat menimbulkan alergi bagi penderitanya diantaranya adalah: jenis seafood terutama udang dan kepiting, telur ayam, kacang-kacangan dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang menderita Alergi terhadap makanan biasanya manifestasi alergi yang dapat ditimbulkan berupa urtikaria yaitu gatal-gatal diseluruh tubuh yang dapat disertai pembengkakan, selain itu juga pada beberapa orang yang mempunyai bakat alergi dapat muncul berupa bersin-bersin yang serial.

4. Kecoak

Hewan yang akrab tinggal bersama manusia di rumah ini ternyata selain membuat takut beberapa wanita yang melihatnya, ternyata serangga ini juga membuat repot bagi beberapa orang yang alergi. Hewan ini memproduksi kotoran yang dapat terbang bersama debu dan membuat alergi bagi penderitanya.

5. Sengatan Lebah

Lebah biasanya tidak akan menyerang dengan menyengat bila tidak merasa diganggu oleh manusia atau hewan lain. Sengatan pada lebah ternyata mengandung protein yang dapat menyebabkan alergi bahkan ke tingkat alergi yang sangat hebat yaitu, anafilaktik syok. Juga biasanya serangga ini menempal pada bunga-bunga dan membawa serbuk sari yang dapat menimbulkan alergi.

Anda berminat untuk membaca lanjutannya? Ikuti terus di bagian Ke II, Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment

 
Endotel Healthy | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog