Thursday, February 3, 2011

0
Pengaruh Alkohol Terhadap Anggota Tubuh

Siapa sih yang tidak kenal alkohol atau juga dikenal sebagai ethanol. Zat cair dengan rumus kimia  C2H5OH ini mempunyai berbagai manfaat dalam kehidupan kita. Sebagai disinfektan, sebagai ahan campuran obat atau yang terakhir yang sedang hangat-hangatnya yaitu penggunaan alkohol sebagai bahan bakar alternative ramah lingkungan. Akan tetapi alkohol juga sebagai mana segala sesuatu di dunia ini, mereka mempunyai efek negatif, dalam hal ini bila alkohol ini dikonsumsi oleh manusia. Yuk kita liat apa aja sih efek negatif alkohol bagi tubuh kita :

1.      Fungsi Saraf

Alkohol dapat menurunkan fungsi dari otak. Otak mempunyai beberapa lobus atau bagian. Setiap lobus itu mempunyai fungsi dan peran masing-masing dalam proses pengaturan tubuh. salah satu yang langsung bisa kita amati adalah pengaruhnya terhadap emosi dan perasaan peminumnya. Orang yang sedang mabuk akibat alkohol cenderung untuk labil, mudah marah, bicara kacau, kordinasi gerakan tidak teratur dll.

2.      Jantung dan Pembulu Darah

Alkohol bisa menyebabkan bertambahnya detak jantung. Karena dalam 1% alohol dapat menebabkan pertambahan detak jantung sebanyak 10 denyutan per detik dari keadaan normal. Slkohol jugs dapat menyebabkan rusaknya otot-otot jantung yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kematian

3.      Sel-sel Darah

Alkohol dapat menyebabkan rusaknya sel-sel darah merah dan putih. 1% alkohol saja sudah dapat merusak komposisi yang terkandung didalam darah merah. Hb (hemoglobin) akan rusak sehingga tugas yang diemban Hb yaitu mengikat oksigen akan terhambat yang akirnya bisa mengakibatkan kurang nya suply oksigen ke sel-sel dalam tubuh. konsumen alkohol juga mempunyai kecenderungan untuk pendarahan, karena rusaknya trombosit yang berfungsi sebagai agen pembekuan darah.

Begitu pula pengaruhnya terhadap sel darah putih. Bagian-bagian dari sel darah putih akan rusak oleh alkohol yang mengakibatkan fungsi utama sel darah putih sebagai pertahan tubuh menjadi terganggu.

4.      Hati (Liver)

Alkohol bertanggung jawab atas terjadinya penyakit yang menyerang hati/liver yang lebih dikenal dengan cyrosis hepatica yaitu suat kondisi dimana liver mengeras (membatu) karena kematian sel-sel yang ada dalam liver yang diakibatkan oleh alkohol. Karena alkohol bersifat cytotoxic dan hepatotoxic.

Setiap segala sesuatu di dunia ini pasti mempunyai suatu kebaikan dan keburukan yang terkandung didalamnya. Begitu pula alkohol, ketika digunakan di luar tubuh untuk disinfektanI untuk bahan bakar dll maka alkohol itu berfungsi sebagai kebaikan. Akan tetapi kalo alkohol itu kita gunakan buka untuk peruntukannya, untuk konsumsi misalanya, maka pastin.ya madharatnya atau efek negatif nya labih besar daripada manfaatnya. Jika anda termasuk orang yang bijak gunakanlah otak anda sesuai dengan peruntukannya yaitu untuk berfikir. Keep our body clean from unused alkohol.

0 comments:

Post a Comment

 
Endotel Healthy | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog